Senin, 17 Maret 2008

“Demokrasi dan Hak Asasi Manusia untuk Rakyat Malaysia dan Buruh Migran di Malaysia”

Siaran Pers Migrant CARE
Statement Solidaritas untuk Rakyat Malaysia

Tanggal 8 Maret 2008, rakyat Malaysia memberikan suaranya dalam Pemilihan Umum. Dibawah ancaman kecurangan yang dilakukan oleh rezim berkuasa UMNO-Barisan Nasional, Pemilihan Umum kali ini ternyata menjadi mimpi buruk bagi rezim berkuasa UMNO-Barisan Nasional dibawah Abdullah Badawi. Pihak oposisi telah menunjukkan kekuatan rakyat Malaysia . Walau UMNO-Barisan Nasional tetap meraup kemenangan, namun posisi UMNO-Barisan Nasional tak lagi mendominasi suara di Parlemen. Demokrasi menjadi keniscayaan di Malaysia .

Perkembangan politik di Malaysia ini tentu akan mempengaruhi juga kondisi dan situasi hak asasi buruh migran Indonesia di Malaysia. Telah terbukti, rezim berkuasa UMNO-Barisan Nasional adalah rezim yang anti buruh migran, meskipun topangan kemakmuran Malaysia dikontribusikan secara signifikan di Malaysia. Perimbangan kekuatan politik di Malaysia diharapkan akan menjadi angin segar bagi buruh migran Indonesia yang ada di Malaysia. Parlemen Malaysia tidak lagi secara sewenang-wenang memproduksi legislasi yang melegitimasi penindasan buruh migran.

Atas situasi tersebut, Migrant CARE yang sejak tahun 2004 bergandeng erat dengan kaum oposisi (baik yang tergabung dalam PKR, PAS ataupun DAP) dan gerakan masyarakat sipil (Tenaganita, SUARAM, LRC, MSN, Amnesty) di Malaysia dalam memperjuangkan tegaknya hak asasi buruh migran di Malaysia, menyatakan selamat untuk barisan oposisi Malaysia yang berhasil merebut posisi di parlemen secara signifikan. Semoga hasil ini akan terus memompa semangat perjuangan demokrasi melawan rezim otoritarian dibawah UMNO-Barisan Nasional.

Migrant CARE berharap agar barisan oposisi Malaysia juga konsisten untuk memperjuangkan hak-hak buruh migran Indonesia dan negara-negara lainnya yang bekerja di Malaysia.

Jakarta, 10 Maret 2008

Anis Hidayah
Executive Director
(081578722874)

Wahyu Susilo
Policy Analyst
(08129307964)

Alex Ong
Country Representative Malaysia
(+60163121201)

Tidak ada komentar: